Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode bercerita dalam meningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan populasi penelitian sebanyak 23 orang siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Metode penarikan sampel menggunakan total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia. Kesimpulan tersebut didapatkan dari peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus yang kedua sebesar 15%. Selain hal tersebut, fakta lain yang ditemukan adalah dengan menggunakan metode berceritadalam pembelajaran berdampak pada tumbuhnya motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya guru dalam pembelajaran bahasa indonesia menggunakan metode bercerita karena telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Metrics
References
Ali, Muhammad. (2002). Guru dalam Proses Belajar-mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Depdikbud. (1993). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Djamarah Syaiful Bahri dan Zain Aswan. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineka Cipta Kridalaksana.
Fadillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Haling, Abdul. (2004). “Belajar Pembelajaran.” Diktat. Makassar: FIP Makassar
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hisbullah, H., Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education Volume 2 Nomor 2, Nopember 2019. (DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231)
Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenada Group.
Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165-177. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1373.
Munawir, A. (2019). Online Game and Children’s Language Behavior. IDEAS: Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7 (2), 337-342. Retrieved from http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/ideas/article/view/1050/784.
Sukirman Nurdjan, S. S., Firman, S. P., & Mirnawati, S. P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara Timur.
Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Uno, Hamzah B. & Nurdin Mohamad. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.