Pengembangan Media Papancatat dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Level Pemula Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Papancatat sebagai alat bantu pembelajaran bagi mahasiswa bahasa Inggris tingkat pemula di IAIN Palopo. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi kesulitan dalam menguasai bahasa Inggris akibat minimnya minat belajar dan strategi pembelajaran konvensional yang diterapkan oleh dosen. Media Papancatat dikembangkan sebagai solusi untuk memotivasi mahasiswa dan membantu dosen dalam proses pembelajaran. Evaluasi ahli media, ahli materi, dan pengguna menunjukkan bahwa Media Papancatat dinilai positif dan layak digunakan, meskipun perlu beberapa revisi kecil. Rekomendasi penelitian adalah untuk melanjutkan tahap evaluasi guna memastikan kesempurnaan dan efektivitas Media Papancatat yang dikembangkan.
Metrics
References
Ambiyar, A., & D, M. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program (1 ed.). ALFABETA.
Astawa, N. L. N. S. P., Fredlina, K. Q., & Suminiasih, N. L. (2020). Sosialisasi dan Pelatihan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Proyek dalam Kondisi Pembelajaran Jarak Jauh. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 402–405. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3118
Eva, R. P. V. B., Sumantri, M. S., & Winarsih, M. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17744
Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on Students’ Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 423–430. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.905
Huang, H.-M., Rauch, U., & Liaw, S.-S. (2010). Investigating learners’ attitudes toward virtual reality learning environments: Based on a constructivist approach. Computers & Education, 55(3), 1171–1182. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.05.014
Kurniawan, A., & Ansosry, A. (2020). Studi Geologi dan Prospek Kualitas Andesit Di Daerah Nagari Tambang Kec IV Jurai Pesisir Selatan Sebagai Bahan Bangunan dan Tambang. Bina Tambang, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/bt.v5i2.107817
Leonard, L. (2016). Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643
Lestari, E. P. (2019). Dluwang Sejarahmu Kini. Jurnal Pustaka Budaya, 6(2), 22–29. https://doi.org/10.31849/pb.v6i2.3184
Liliweri, A. (2018). Paradigma Penelitian Ilmu Sosial (Yogyakarta). Pustaka Pelajar. //perpustakaan.unwir.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D6956%26keywords%3D
Lin, M.-H., Chen, H.-C., & Liu, K.-S. (2017). A Study of the Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Liwicki, M., & Bunke, H. (2007). Handwriting recognition of whiteboard notes—Studying the influence of training set size and type. International Journal of Pattern Recognition and Artificial Intelligence, 21(01), 83–98. https://doi.org/10.1142/S0218001407005314
Lucas, M., Gunawardena, C., & Moreira, A. (2014). Assessing social construction of knowledge online: A critique of the interaction analysis model. Computers in Human Behavior, 30, 574–582. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.07.050
Meliantina, M. (2019). Menerapkan Budaya Literasi Guru Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Di Era Industri 4.0. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.52431/murobbi.v3i2.199
Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728
Mutia, I., & Leonard, L. (2015). Kajian Penerapan E-Learning dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v6i4.239
Nurcahyanti, I., Samadhy, U., & Florenti, F. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Metode Sas Dengan Media Papan Selip. Joyful Learning Journal, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.15294/jlj.v3i4.5920
Parta, L. P. S. W. K. Y. (2016). Pengaruh Model dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Dasar Senam Lantai pada Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8932
Purwanto, P. (2013). Penggunaan Papan Tulis Interaktif Di Kelas The Use Of Interactive Whiteboard In Classroom. Jurnal Teknodik, 104–116. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i3.565
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60.
Retnawati, H. (2018). Teachers’ Knowledge About Higher-Order Thinking Skills And Its Learning Strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230.
Ruhalahti, S., Korhonen, A.-M., & Rasi, P. (2017). Authentic, dialogical knowledge construction: A blended and mobile teacher education programme. Educational Research, 59(4), 373–390. https://doi.org/10.1080/00131881.2017.1369858
Sartika, I. D. (2018). Peningkatan Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Media Bulletin Board. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.19109/ra.v2i2.2844
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan: (Research and Development/R&D) (4 ed.). ALFABETA.
Widana, I. W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (HOTS). JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/jisae.v3i1.4859
Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529
Xu, H. L., & Moloney, R. (2011). Perceptions of interactive whiteboard pedagogy in the teaching of Chinese language. Australasian Journal of Educational Technology, 27(2), Article 2. https://doi.org/10.14742/ajet.972
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.