Pengembangan Metode Permainan Lempar Dadu untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyusun Struktur Kalimat Bahasa Arab
Abstract
Artikel ini membahas tentang Pengembangan metode Permainan Lempar Dadu Untuk Meningkatkan kemampuan Siswa Dalam menyusun struktur kalimat bahasa Arab pada Siswa Kelas VII MTs.N palopo. penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui rancangan permainan lempar dadu untuk siswa kelas VII dalam menyusun struktur kalimat bahasa Arab; 2) Mengetahui kelayakan media lempar dadu dalam menyusun struktur kalimat bahasa Arab di dalam kelas VII di MTs.N Palopo semester I. Desain penelitian ini digunakan dalam penelitian adalah model penelitian dan pengembangan R&D yang diusulkan oleh sugiyono. Pengembangan media lempar dadu ini menggunakan model 4D yaitu, 1) Pendefinisian, 2) Perancangan, 3) Pengembangan dan 4) penyebaran. Penelitian dilakukan di MTsN Palopo dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII semester I. Untuk tingkat kevalidan produk yang dikembangkan dilakukan uji validitas oleh validator materi dan validator ahli media, sedangkan untuk mengetahui keefektifan produk, peneliti membagikan angket untuk siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media lempar dadu adalah sangat valid dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab dilihat dari penilaian ahli materi (92%) dengan kategori sangat valid, penilaian ahli media (90%) dengan kategori sangat valid, penilaian praktisi (guru mata pelajaran bahasa Arab) (86) dengan kategori sangat valid dan respon siswa dengan skala kecil (84%) dan skala besar (90%) dengan kategori sangat efektif.
Metrics
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Alfani, M. I., & Huda, N. (2019). Pengembangan Alat Permainan Arabic Edugame Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII A MTs Negeri 10 Sleman. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/edulab.2019.42-05
Baroroh, R. U., & Mardliyyah, A. (2019). Development of The Ladder Snake Game Media in Arabic Learning/ Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v2i1.5445
Dara, N., Khatimah, H., & Fitriani, L. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Fun Learning dengan Media Permainan Ular Tangga di MI Al-Muhtadin Arso VI. Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v4i2.82
Daulae, T. H. (2019). Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran. FORUM PAEDAGOGIK, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i1.1778
Hudri, M., Sopian, A., & Nursyamsiah, N. (2022). Implementasi Model Lagu dalam Peningkatan Pemahaman Materi Bahasa Arab (Studi Eksperimen pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Yapis Pattiro Bajo). AL-WARAQAH Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30863/awrq.v2i2.2561
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), Article 1.
Istaqam, N. (2021). Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v5i2.331
Mafaza, A. M. (2020). Media Kementa (Kembara Pengetahuan) untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Sekolah Dasar. International Conference of Students on Arabic Language, 4(0), Article 0.
Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia. INSANCITA, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.2121/incita-jisisea.v5i1.1332
Suroiyah, E. N., & Zakiyah, D. A. (2021). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.