Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Kewajiban dan Hak
Abstract
Minimnya penggunaan media dalam pembelajaran PPKn melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Adapun tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan media smart box untuk meningkatkan hasil belajar kognitif kelas IV materi kewajiban dan hak serta mengukur peningkatan hasil belajar kognitif kelas IV materi kewajiban dan hak dengan menggunakan media smart box. Metode yang dipilih peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan desain Kemmis dan McTaggart yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sejumlah 28 peserta didik kelas IV B SDN Margamukti menjadi subyek dalam penelitian dengan melakukan 2 siklus. Berdasarkan temuan peneliti menunjukan persentase ketuntasan belajar sebelum menerapkan media smart box pada pra siklus (64%), siklus I (36%), siklus II (89%). Melihat persentase ketuntasan siklus II sebesar 89% menandakan penetapan indikator keberhasilan sebelumnya sebesar 85% telah terpenuhi, sehingga berhasilnya penelitian yaitu pada siklus II. Maka disimpulkan peningkatan hasil belajar kognitif kelas IV SD materi kewajiban dan hak dapat dicapai dengan penerapan media smart box.
Metrics
References
Aiman, U. (2018). Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dan Prestasi Belajar PKn dengan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model Picture and Picture di MIN 2 Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 159–168.
https://doi.org/10.14421/jpm.2018.31-13
Alianto, A., Hasan, R., & Irwandi, I. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom dan Whatsapp Mesenger Di SMP Negeri 4 Bengkulu Tengah. BIODIK, 7(4), 10–17. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.13565
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan untuk: Guru, Kepala Sekolah & Pengawas (1st ed.). Aditya Media.
Aspiati, A., Hidayat, A., & Arvyaty, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini dengan Media Kotak PIntar di TK Barakati Kota Kendari. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 6(2), 141–150. https://rgap.uho.ac.id/index.php/journal
Azizah, A. B., Huwaida, A. N., Asihaningtyas, F., & Fatharani, J. (2020). Konsep, Nilai, Moral dan Norma dalam Pembelajaran PPKn SD. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Basori, B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini dengan Menggunakan Media Kotak Pintar di TK Mujahadah. Jurnal Al-Abyadh, 3(2), 52–58. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/191
Budiarti, Y. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Smart Box Berbantu Audio Visual. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 37–40.
https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v4i1.1398
Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621
Fatah, P. R., Kisai, A. A., Nurkholis, N., & Labudasari, E. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Peningkatan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Sekolah Dasar. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 21–29. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46168
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35.
https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/319
Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya (1st ed.). UPI PRESS.
Hanifah, N., & Rahmaniyah, A. (2022). E-Book as Edutainment-Based Learning Media as Active Learning in Social Studies Learning in Elementary Schools. Proceeding The 7th International Seminar on Social Studies and History Education (ISSSHE), 1(1), 562-571.
Hanifah, N., & Syaiba, U. M. (2020). Media Video Interaktif Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Good Character sebagai Respon terhadap Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 558-569. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/364
Kusumaningrum, P. W., Sjamsir, H., & Arbayah, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kotak Pintar di TK Islam Terpadu Asiah Kecamatan Mentawan Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur. BEduManageRs Journal: Borneo Educational Management and Research Journal, 2(2), 30–41. https://doi.org/10/30872/bedu/v2i2/1599
Mertayasa, I. W. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Mice Target Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 48–57. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.41914
Nugraha, R. G., Jalal, F., & Boeriswati, E. (2022). The Urgency of the Ecoliteracy Module in Improving the Ecoliteracy Ability of Elementary School Students. Proceedings The 1st International Conference on Language and Language Teaching (InCoLLT), 43-56.
Nugraha, R. G., & Solihin, F. K. (2017). Model “Learning Cycle” to Increase Student Critical Thinking on Learning Concept of IPS Learning Environmenr in Elementary School. JURNAL PESONA DASAR, 5(2), 34–45.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Haidst Syari ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-187. DOI: 10.3351/misykat.v3n1.171
Nursari, B. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Media Konkrit Kelas II SDN 6 Baturetno Kecamatan Baturetno Tahun Pelajaran 2019/2020. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES) Conference Series, 3(4), 968-973. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986
Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 9(1), 11-18. https://doi.org/10/24246/j.js/2019/v9.i1.p11-18
Ramadani, A. N., Kirana, K. C., Astuti, U., & Marini, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur). JPDSH: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), 749-756. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Riadin, A., & Permadi, A. S. (2019). Implementasi Pembelajaran PKN untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 18-28. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.828
Salsabila, I., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Kontekstual Muatan Pelajaran PPKN Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 9(4), 684–694. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665
Sitepu, T. E., Perangin-angin, R. B. B., & Nasriah, N. (2023). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 213–223. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4248
Sukaryanti, A., Murjainah, M., & Syaflin, S. L. (2023). Pengembangan Media Kotak Pintar Keragaman di Indonesia untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(1), 140–149.
https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i1.675
Sulaedah, S., Utomo, S., & Ismaya, E. A. (2022). Development of Smart Box of ASEAN Learning Media in Social Science Learning for Class VI Elementary School Students. Uniglobal of Journal Social Sciences and Humanities, 1(2), 54–59. https://doi.org/10.53797/ujssh.v1i2.9.2022
Susanto, A., & Radiallahuanha, D. (2021). Pengaruh Media Poster terhadap Kreativitas dan Inovasi Anak dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(2), 101. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.10187
Trisari, M. N., & Supriyatno, S. (2023). Pengembangan Media Kotak Misteri Pengembangan Media Kotak Misteri Dalam Pembelajaran IPS Materi Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 890-902. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/53231
Wicaksono, D., & Iswan, I. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111-126. https://jurnal.umj.ac.id.index.php/holistika/article/view/5362
Copyright (c) 2024 Jovanka Oktavia Venneza Zahra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.