Pengembangan Media Pembelajaran Koala untuk Pembelajaran Pola Irama di Sekolah Dasar
Abstract
Perkembangan teknologi di era digital menuntut guru sekolah dasar mengintegrasikan teknologi dalam proses kegiatan pembelajaran, salah satunya melalui penggunaan media berbasis digital yang menyenangkan dan menarik. Media pembelajaran berbasis digital yang populer dengan visual menarik dan aksesibilitas mudah salah satunya adalah komik digital. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa komik digital interaktif yang berfokus pada topik pengenalan bentuk dan variasi pola irama di sekolah dasar. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Analyzing, Designing, Developing, Implementation, Evaluation (ADDIE). Instrumen pengumpulan data melalui kuesioner validasi dan System Usability Scale (SUS). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata total dari keseluruhan aspek penilaian ahli media memperoleh skor rata-rata 93,55% (sangat valid), ahli materi memperoleh skor rata-rata 88,05% (sangat valid), ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 100,00% (sangat valid). Respon siswa terhadap produk pada uji coba perorangan memperoleh skor 79 (good), pada uji kelompok kecil memperoleh skor 77 (good), dan pada uji lapangan memperoleh skor 85 (excellent). Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran yang dikembangkan yaitu komik digital interaktif pola irama (Koala) layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Metrics
References
Adnan, F., Prasetyo, B., & Nuriman, N. (2017). Usability testing analysis on the Bana game as education game design references on junior high school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 88–94. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9597
Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5, 68–72. https://www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf
Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23.
Aprilia H.N., I., Nugroho, P. I., & Ferdiana, R. (2015). Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale. JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 17(1), 31. https://doi.org/10.33164/iptekkom.17.1.2015.31-38
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512
Bintoro, T., Fahrurrozi, Lestari, I., & Aini, I. N. (2022). Analyzing Learners’ Needs and Designing Digital Comic Media to Improve Student Learning Outcomes. Educational Sciences: Theory and Practice, 22(1), 129–140. https://doi.org/10.12738/jestp.2022.1.0011
Brooke, J. (2020). SUS: A “Quick and Dirty” Usability Scale. Usability Evaluation In Industry, November 1995, 207–212. https://doi.org/10.1201/9781498710411-35
Chao-Fernandez, R., Román-García, S., & Chao-Fernandez, A. (2017). Analysis of the use of ICT through Music Interactive Games as Educational Strategy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237(June 2016), 576–580. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.109
Ching, G. S., & Roberts, A. (2020). Evaluating the pedagogy of technology integrated teaching and learning: An overview. International Journal of Research Studies in Education, 9(6). https://doi.org/10.5861/ijrse.2020.5800
Dwiasih, A. A. I., & Agung, A. A. G. (2021). The Development of Fabel E-Comic in Bahasa Indonesia Lesson for Grade II of Elementary School . Proceedings of the 2nd International Conference on Technology and Educational Science (ICTES 2020), 540(Ictes 2020), 499–508. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210407.284
Eva, R. P. V. B., Sumantri, M. S., & Winarsih, M. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020, 3. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17744
Fadhli, R., Suharyadi, A., Firdaus, F. M., & Bustari, M. (2023). Developing a digital learning environment team-based project to support online learning in Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(3), 1599–1608. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24040
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V4i2.1073
Fitra Muhtasyam Marijo, M. O. D. S., & Mari’i, M. (2022). Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Musik Tingkat Dasar. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 130–137. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.60
Garini, A. W., Respati, R., & Mulyadiprana, A. (2020). Penggunaan Media berupa Digital pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 186–191. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26558/13421
Gustian, R., Jalal, F., & Boeriswati, E. (2022). Improving Student’s Eco-Literacy Skills Through the Use of The Eco-Literacy Module. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 4(3), 178–186. https://doi.org/10.30997/ijsr.v4i3.231
Julia, J., Gunara, S., Supriyadi, T., Agustian, E., Ali, E. Y., & Budiman, A. (2022). Improving Elementary School Teachers’ Competence in Composing Thematic Songs: An Action Research. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(1), 131–141. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.01.12
Julia, J., Iswara, P. D., Gunara, S., & Supriyadi, T. (2019). Developing songs for elementary school students with the support of music notation software. Universal Journal of Educational Research, 7(8), 1726–1733. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070811
Julia, J., Iswara, P. D., Gunara, S., Yildiz, Y. M., & Agustian, E. (2020). Developing Elementary School Teacher Competence in Making Music Learning Media Using Scratch Application: An Action Research. Mimbar Sekolah Dasar, 7(3), 362–385. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i3.29100
Kibari, M. A., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Mansur, H. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Pictory.Ai pada Mata Kuliah Manajemen Koperasi dan UMKM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Kependidikan, 12(4), 867–880. https://jurnaldidaktika.org867
Maqfiroh, D. N. M., Khutobah, K., & Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan Media Motif (Monopoli Edukatif) Dalam Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence Pada Anak Tk Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 65–74. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.24230
Nidar, E., & Lumanlan, A. (2022). Development and Validation of Contextualized Learning Module in Science 7. SSRN Electronic Journal, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.2139/ssrn.4148448
Noviyanti, V., Respati, R., & Pranata, O. H. (2021). Pengembangan Multimedia Tangga Nada Diatonis untuk Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 364–377.
Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The development of gravity comic learning media based on gorontalo culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344
Nugraha, R. G. (2016). Meningkatkan Ecoliteracy Siswa Sd Melalui Metode Field-Trip Kegiatan Ekonomi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1322
Nugraha, R. G., & Solihin, F. K. (2017). Model “Learning Cycle” to Increase Student Critical Thinking on Learning Concept of IPS Learning Environment in Elementary School. Jurnal Pesona Dasar, 5(2), 34–45.
Oktaviani, A., Karlimah, & Respati, R. (2021). Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Musikalitas Anak di Sekolah Dasar. All Rights Reserved, 8(2), 508–519. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Pate, J. W., Heathcote, L. C., Simons, L. E., Leake, H., & Moseley, G. L. (2020). Creating online animated videos to reach and engage youth: Lessons learned from pain science education and a call to action. Paediatric and Neonatal Pain, 2(4), 131–138. https://doi.org/10.1002/pne2.12015
Rahmi, N., Putra, M. J. A., & Alim, J. A. (2022). PRIMARY : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 6 Desember 2022 Pengembangan Media Komik Digital pada Pembelajaran Pelestarian Lingkungan Kelas V Tema VIII di Sekolah Dasar Development of Digital Comic in Environmentalism Subject Matter Of . 11, 1712–1725.
Rizki, A., Putri, K. E., & Damayanti, S. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon pada Materi IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 195–206. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4214
Rosidah, A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.499
Roth, K. J., Bintz, J., Wickler, N. I. Z., Hvidsten, C., Taylor, J., Beardsley, P. M., Caine, A., & Wilson, C. D. (2017). Design principles for effective video-based professional development. International Journal of STEM Education, 4(1). https://doi.org/10.1186/s40594-017-0091-2
Sari, N., Mirizon, S., & Inderawati, R. (2021). Developing Learning Media of Recount Texts for Vocational High School Students. English Review: Journal of English Education, 9(2), 263–276. https://doi.org/10.25134/erjee.v9i2.4351
Sastrawan, I. P. O., Margunayasa, I. G., & Bayu, G. W. (2021). Credibility of Digital Comic Media in Audio Visual Form on Style Topic for Elementary School Students. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(2), 213. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i2.39665
Siskawati, F. S., & Chandra, F. E. (2018). Pengembangan “Paksobri” Dengan Quiz Faber Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer Di Universitas Islam Jember. Gammath, 3(2), 26–37. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/1604/1320
Supartayasa, I. K. R., & Wibawa, I. M. C. (2022). Belajar Siklus Air dengan Media Komik Digital Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 127–137. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46279
Tafonao, T., Saputra, S., & Suryaningwidi, R. (2020). Learning Media and Technology: Generation Z and Alpha. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(2), 89. https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i2.954
Umoh J., D. M., Sheik, I., & Moses Bassey, I. (2020). Teaching and Learning With Technology. Integrating Technology in English Language Arts Teacher Education, 25–49. https://doi.org/10.4324/9780429433689-2
Utomo, G. M., Setiawan, B., Rachmatdullah, R., & Iasha, V. (2021). What Kind of Learning Media do You Want? Need Analysis on. Jurnal Basicedu, 5(5), 4299–4305. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0AWhat
Wijayanti, I. A., & Siskawati, F. S. (2021). Analisis Kebutuhan Siswa terhadap Media Pembelajaran Berbasis Digital pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 465–471. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/637%0Ahttps://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/637/520
Copyright (c) 2024 Anisa Fiola Karimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.